Rabu, 02 Februari 2011

TOPOLOGI JARINGAN [9]

Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus, token-ring, star dan peer-to-peer network. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.
1. Topologi BUS



Topologi bus terlihat pada skema di atas. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:
Keuntungan: Kerugian:
- Hemat kabel - Deteksi dan isolasi kesalahan sangatkecil
- Layout kabel sederhana - Kepadatan lalu lintas
- Mudah dikembangkan - Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.
- Diperlukan repeater untuk jarak jauh
2. Topologi TokenRING

Topologi TokenRING terlihat pada skema di atas. Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap
informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:
Keuntungan: Kerugian:
- Hemat kabel - Peka kesalahan
- Pengembangan jaringan lebih kaku
3. Topologi STAR

Merupakan kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:
Keuntungan:
- Paling fleksibel
- Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
- Kontrol terpusat
- Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan
- Kemudahaan pengelolaan jaringan
Kerugian:
- Boros kabel
- Perlu penanganan khusus
- Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis
4. Topologi Peer-to-peer Network
Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino, dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan.
Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yang memiliki komputer �kuno�, misalnya AT, dan ingin memberli komputer baru, katakanlah Pentium II, tidak perlu membuang komputer lamanya. Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas, sistem jaringan ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipelajari dan dipakai.

MEMBUAT DOKUMEN BARU [8]

Apabila kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan document kosong yang siap untuk ditulisi. Namun jika komputer tidak secara otomatis langsung menyediakan document kosong tersebut, maka kita bisa menggunakan cara berikut :
1. Pada menu kita pilih File, lalu pilih New, lalu pilih lalu pilih Blank Document
2. Double Click pada Blank Document
3. Documen siap digunakan

Atau kita bisa klik tombol Blank Dokumen yang ada pada standard toolbar


Kita juga bisa menggunakan tombol Ctrl + N

MEMBUKA FILE YANG SUDAH TERSIMPAN [8]

Membuka file yang sudah tersimpan

1. Klik menu File dan pilih tombol Open, maka akan tampil kotak dialog open
2. Pilih file yang akan dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu
3. klik pada nama file
4. klik tombol Open, maka file akan dibuka oleh microsoft word

Atau kita juga bisa menggunakan icon pada toolbar. Klik pada icon Open


Dan kita juga bisa menggunakan Ctrl + O

MENUTUP FILE DOKUMEN [8]

1. Pada jendela Microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Close. Maka Microsoft Word akan menutup file dokumen yang aktif.
2. Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu


Mengakhiri/Menutup jendela Microsoft Word
Sebelum mengakhiri Microsoft Word pastikan bahwa file Anda telah tersimpan dengan benar.
1. Pada jendela Microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Exit. Maka jendela Microsoft Word akan tertutup.
2. Selain dengan menggunakan menu File, untuk menutup jendela Microsoft Word kita juga bisa mengklik tombol X yang terletak pada pokok kanan atas jendela Microsoft Word.

MENYIMPAN DOKUMEN [8]

Segera setelah melakukan pengetikan dokumen dilakukan penyimpanan, hal ini dilakukan untuk menghindari kehilangan dokumen. Lakukan penyimpanan sesering mungkin untuk kehilangan file akibat komputer mati mendadak.
1. Pada jendela microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Save
2. Pada layar akan muncul kotak dialog Save File. Ketikkan nama file lalu klik Save

Kita juga bisa menggunakan tombol save yang ada dalam toolbar

Atau juga dengan menekan tombol Ctrl + S


save

MEMULAI MS.WORD [8]

Click the Start button on the taskbar.


Clik to All Programs.



Click Microsoft Office.



Click Microsoft Office Word 2007.



Kamu akan dihadapkan pada dokumen kosong




Dobel klik dokumen yang akan dibuka.

TOOLBAR DRAWING [8]

Drawing toolbar berisi fasilitas serta perintah yang berhubungan dengan gambar atau objek.


Shortcut icon yang terdapat pada drawing toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut:
Draw, Merupakan pulldown menu yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengaturan gambar atau objek
Select Objects, Pointer untuk melakukan proses selecting / selecting objek gambar
Free Rotate, Untuk menentukan ukuran huruf
AutoShapes, Pulldown menu yang berisi galeri bentuk-bentuk objek instant yang dapat dipilih secara otomatis
Line, Untuk membuat garis lurus secara vertikal, horizontal maupun diagonal
Arrow, Untuk membuat garis lurus dengan mata panah pada bagian ujungnya
Rectangle, Untuk membuat objek kotak ( persegi atau bujur sangkar )
Oval, Untuk membuat objek oval atau lingkar
Text Box, Untuk membuat kotak yang dapat diisi teks di dalamnya
Insert WordArt, Untuk menyisipkan WordArt
Insert ClipArt, Untuk menyisipkan ClipArt
Fill Color, Untuk mengisi warna pada objek bidang
Line Color, Untuk memberi warna pada garis
Font Color, Untuk memberi warna pada font
Line Style, Untuk membuat pengaturan model garis
Dash Style, Untuk membuat pengaturan model garis putus-putus
Arrow Style, Untuk membuat pengaturan model mata panah
Shadow, Untuk menampilakan efek bayangan pada objek
3-D, Untuk menampilkan efek 3 dimensi pada objek

TOOLBAR FORMATING [8]

Formating toolbar berisi semua perintah yang berhubungan dengan pengolahan teks pada dokumen aktif.


Shortcut icon yang terdapat pada Formating toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut:
Style, Untuk memilih gaya pada paragraf
Font, Untuk menentukan jenis huruf
Font Size, Untuk menentukan ukuran huruf
Bold, Untuk membuat huruf atau teks cetak tebal
Italic, Untuk membuat huruf atau teks cetak miring
Underline, Untuk membuat garis bawah
Align Left, Untuk membuat teks atau paragraf rata kiri
Center, Untuk membuat teks atau paragraf pada posisi center
Align Right, Untuk membuat teks atau paragraf rata kanan
Justify, Untuk membuat teks atau paragraf rata kiri dan kanan
Numbering, Untuk membuat penomoran pada teks atau paragraf
Bullets, Untuk membuat penandaan pada teks atau paragraf
Decrease Indent, Untuk menggeser left indent ke arah kiri
Increase Indent, Untuk menggeser left indent ke arah kanan
Outside Border, Untuk menampilakan/menyembunykan batas garis
Highlight (Teal), Untuk membuat penandaan pada teks
Font Color, Untuk mengatur warna pada huruf

TOOLBAR STANDAR [8]

Standar toolbar berisi perintah pokok yang berhubungan dengan dokumen secara menyeluruh.


Shortcut icon yang terdapat pada standar toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut:
New Blank Document, Untuk menampilkan lembar kerja baru
Open, Untuk membuka berkas dokumen
Save, Untuk menyimpan berkas dokumen yang sedang dibuat
E-mail, Untuk mengirim isi dari dokumen sebagai pesan e-mail
Print, Untuk mencetak berkas dokumen
Print Preview, Untuk melihat hasil berkas dokumen sebelum dicetak
Spelling and Grammer, Untuk melakukan pemeriksaan ejaan serta susunan kalimat
Cut, Untuk memotong / menghilangkan objek dan merekamnya ke dalam clipboard
Copy, Untuk menyalin objek ke dalam clipboard
Paste, Untuk menampilkan objek yang terekam di clipboard
Format Painter, Untuk menyalin format objek atau teks
Undo, Untuk membatalkan perintah terakhir
Redo, Untuk kembali pada perintah terakhir
Insert Hyperlink, Menyisipakan link untuk membuat, membuka, mengetikkan sebuah dokumen atau berpindah ke dokumen lain
Tables and Borders, Untuk menampilkan atau menyembunyikan toolbar tabel-border
Insert Table, Untuk menyisipkan tabel
Insert Excel Worksheet, Untuk menyisipkan lembar kerja Microsoft Excel
Columns, Untuk melakukan pengaturan kolom koran
Drawing, Untuk menampilkan atau menyembunyikan menu Drawing
Document Map, Untuk menentukan pada posisi mana pekerjaan yang sedang berlangsung
Show/Hide, Untuk menampilkan atau menyembunyikan karakter-karakter yang tidak dicetak dan teks yang tersembunyi.
Zoom, Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan are kerja
Microsoft Word Help, Untuk meminta bantuan secara .

PERINTAH PERINTA PADA MENU HELP [8]

Berisi fasilitas bantuan/petunjuk penggunaan Microsoft Word secara interaktif, terdiri dari :
Microsoft Word Help F1 Office Assistant memperlengkapi topik Help dan tips untuk menolong menyelesaikan tugas-tugas.
Show the Office Assistant Untuk menampilkan atau menyembunyikan Office Assistant
What’s This? Shift+F1 Untuk meminta penjelasan mengenai icon-icon yang ada
Office on the Web Untuk mengadakan hubungan dengan Microsoft Office melalui situs internet
Detect and Repair... Untuk mencari dan memperbaiki kerusakan program secara otomatis
About Microsoft Word Menampilkan informasi mengenai Program Microsoft Word.

PERINTAH PERINTA PADA MENU WINDOWS [8]

Berisi fasilitas untuk membuka beberapa jendela dokumen dan berpindah antar dokumen, terdiri dari :
New Window Untuk membuka tampilan window baru dengan nama file yang sama
Arrange All Untuk mengatur posisi window Microsoft Word yang sudah terbuka
1Split Untuk memecah tampilan window dokumen.

PERINTAH PERINTA PADA MENU TABLE [8]

Berisi perintah-perintah untuk melakukan pengaturan tabel, terdiri dari :
Draw Table Untuk menggambar tabel
Untuk melakukan penyisipan tabel, kolom, baris atau sel89 Insert
Untuk menghapus tabel, kolom, baris atau sel90 Delete
Untuk melakukan selecting tabel, kolom, baris atau sel91 Select
Merge Cells Untuk melakukan penggabungan sel yang ada pada tabel
Split Cells... Untuk melakukan pembagian sel kolom menjadi beberapa sel kolom yang lebih kecil
Split Table Untuk memisahkan baris tabel
Table AutoFormat... Untuk membuat format tampilan tabel secara otomatis
Untuk menyesuaikan lembar kolom atau lembar window dalam tabel secara otomatis.96 AutoFit
Heading Rows Repeat Menunjuk baris terpilih untuk dijadikan heading tabel yang diulang yang diulang pada halaman selanjutnya jika tabel lebih dari satu halaman.
Untuk melakukan konvertasi/perubahan format teks menjadi tabel atau sebaliknya98 Convert
Sort... Untuk melakukan pengurutan data
Formula... Untuk melakukan perhitungan matematis
Show Gridlines Untuk menampilkan garis bantu tabel
Table Properties... Untuk mengetahui properti (kandungan) tabel.

PERINTAH PERINTA PADA MENU TOOLS [8]

Berisi perintah-perintah untuk melakukan pengaturan menu, pemeriksaan ejaan dan pemilihan bahasa, terdiri dari :
Spelling and Grammar... F7 Untuk melakukan pemeriksaan ejaan serta susunan kalimat
Untuk memilih pengaturan bahasa yang dikehendaki73 Language
Word Count... Untuk mengetahui perhitungan jumlah halaman, kata, karakter, paragraf sertabaris AutoSumarize... Untuk merangkum point-point tertentu secara otomatis dalam dokumen AutoCorrect... Untuk melakukan pengaturan otomatisasi perintah pengetikan dan ejaan.
Track Changes... Untuk menandai track yang berubah, menerima atau menolak perubahan, dan untuk membandingakan dokumen
Merge Documents... Untuk melakukan penggabungan dokumen
Protect Documents... Untuk melakukan perlindungan dokumen supaya aman dari pengubahan pengguna lain
Online Collaboration Untuk keperluan meeting, baik mengenai undangan maupun membuat daftar peserta meeting.
Mail Merge Untuk membuat serta gabung
Envelopes and Labels... Untuk membuat macam-macam bentuk amplop dan label
Letter Wizard... Panduan baku untuk pembuatan model-model surat resmi
Untuk membuat file Macro 84 Macro
Templates an Add-Ins Adalah jenis dokumen khusus yang menyediakan tool dasar dan teks untuk membentuk dokumen akhir
Customize... Untuk melakukan pengaturan pilihan atau tampilan toolbar yang dikehendaki
8Options... Untuk melakukan pengaturan pilihan atau tampilan umum pada area kerja.

PERINTAH PERINTA PADA MENU FORMAT [8]

Berisi perintah-perintah untuk melakukan pengaturan teks, layout dan lain lain, terdiri dari :
Font... Untuk mengatur jenis huruf yang dikehendaki
Paraghraph... Untuk melakukan pengaturan paragraf
Bullets and Numbering... Untuk mengatur bullet dan penomoran
Borders and Shading... Untuk melakukan pengaturan border (garis bingkai) serta bayangan pada kata ataupun berkas
Columns... Untuk melakukan pengaturan jenis kolok pada berkas
Tab... Untuk melakukan pengaturan pemberhentian tab
Drop Cap... Untuk melakukan pengaturan Drop Cap
Text Direction... Untuk melakukan pengaturan orientasi teks pada teks box
Change Case... Untuk melakukan pengaturan Change Case, (Sentence Case, Lowerancecase,
UPPERCASE, Title Case, tOGGLE cASE)
Untuk mengatur latar belakang area kerja dengan tampilan tata letak Web66 Background
Theme... Untuk melakukan pengaturan tampilan area kerja berdasarkan tema
Frames Untuk membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya di frame sebelah kiri pada halaman frame
AutoFormat... Untuk mengatur tampilan format : Dokumen biasa, format surat atau e-mail.
Style... Untuk mengatur gaya tampilan dokumen
Object Untuk melakukan format objek

PERINTAH PERINTA PADA MENU INSERT [8]

Berisi perintah-perintah untuk melakukan penyisipan, terdiri dari :
Break... Untuk melakukan penyisipan halaman, kolom atau teks
Page Numbers... Untuk menyisipkan nomor halaman
Date and Time... Untuk menyisipkan tanggal dan waktu
Untuk menyisipkan teks yang sudah diatur sebelumnya secara otomatis43 AutoText
Field... Untuk melakukan penyisipan field
Symbol... Untuk melakukan penyisipan simbol-simbol
Comment Untuk menyisipkan catatan komentar pada kata / kalimat dalam berkas lembar kerja
Footnote... Untuk menyisipakan catatan kaki
Caption... Untuk menambahkan caption pada tabel, gambar, persamaan dan lain-lain.
Cross-reference... Untuk melakukan pengaturan referesi silang
Index and Tables... Untuk membuat indeks serta tabel
Untuk menyisipakan gambar 51 Picture
Textbox Untuk menyisipakan teks box
File... Untuk menyisipakan berkas
Object Untuk menyisipakan objek (grafik/gambar)
Bookmark Untuk menyisipakan bookmark
Hyperlink... Ctrl+K Menyisipakan link untuk membuat, membuka, mengetikkan sebuah dokumen atau berpindah ke dokumen lain yang tersimpan dalam harddisk, network server, intranet atau internet.

PERINTAH PERINTA PADA MENU VIEW [8]

Berisi perintah pengaturan tampilan menu-menu aplikasi, terdiri dari :
Nomal Menjadikan tampilan normal pada area kerja
Web Layout Menjadikan tampilan area kerja dengan tata letak Web
Print Layout Menjadikan tampilan area kerja dengan tata letak cetak
Outline Menjadikan tampilan outline pada area kerja
Untuk menampilkan atau menyembunyikan toolbar yang dikehendaki32 Toolbars
Ruler Untuk menampilkan atau menyembunyikan mistar pada area kerja
Dokumen Map Untuk menentukan pada posisi mana pekerjaan yang sedang berlangsung
Header and Footer Untuk membuat Header dan Footer pada berkas
Footnotes Untuk membuat catatan kaki
Comments Untuk membuat catatan komentar pada kata / kalimat dalam berkas lembar kerja
Full Screen Untuk membuat tampilan lembar kerja satu layar penuh
Zoom... Untuk membuat besar / kecil tampilan lembar kerja sesuai yang dikehendaki.

PERINTAH PERINTA PADA MENU EDIT [8]

Berisi perintah-perintah pengeditan, terdiri dari :
1 Undo Ctrl+Z Untuk membatalkan perintah terakhir
2 Repeat Ctrl+Y Untuk mengulangi perintah terakhir
3 Cut... Ctrl+X Untuk memotong / menghilangkan objek dan merekamnya ke dalam clipboard
4 Copy... Ctrl+C Untuk menyalin objek ke dalam clipboard
5 Paste Ctrl+V Untuk menampilkan objek yang terekam di clipboard
6 Paste Special Untuk menampilakan objek yang terekam di clipboard dengan kriteria tertentu
7 Paste as Hyperlink Untuk menampilakan objek yang terekam di clipboard namun tetapi berhubungan walaupun berada di tempat yang berbeda
8 Clear Del Untuk menghilangkan / menghapus objek secara permanen
9 Select All... Ctrl+A Untuk melakukan selecting seluruh halaman kerja
10 Find... Ctrl+F Untuk melakukan pencarian kata/kalimat dalam berkas
11 Replace... Ctrl+H Untuk menempatkan teks yang ada di dokumen
12 Go to Ctrl+G Untuk menuju pada halaman tertentu dalam dokumen
13 Links... Untuk mengadakan hubungan
14 Object Untuk mengedit objek

PERINTAH PERINTA PADA MENU FILE [8]

Berisi perintah-perintah standar yang berlaku untuk seluruh dokumen, terdiri dari :
1 New... Ctrl+N Untuk membuka lembar kerja baru
2 Open... Ctrl+O Untuk membuka berkas dokumen
3 Close... Untuk menutup berkas yang sedang dibuat
4 Save Ctrl+S Untuk menyimpan berkas yang dibuat
5 Save As... Untuk menyimpan berkas dengan nama baru
6 Save As Web Page... Untuk menyimpan berkas dengan format halaman web, sehingga dapat ditampilkan di Web browser
7 Versions... Untuk menampilkan tanggal dan waktu masing-masing versi yang disimpan
8 Web Page Preview Untuk menampilkan area kerja seperti halaman web
9 Page Setup... Untuk menentukan pengaturan halamsan berkas yang dibuat
10 Print Preview Untuk melihat tampilan berkas sebelum dicetak
11 Print... Ctrl+P Untuk mencetak berkas yang dibuat ke dalam media kertas
12 Send To Untuk mengirim berkas pada tujuan yang ditentukan
13 Properties Untuk mengetahui properti (kandungan) berkas yang sedang dikerjakan
14 Exit Keluar program Microsoft Word

MENGGUNAKAN PERINTAH MENU BAR [8]

Menu bar dan toolbar adalah tampilan perintah yang digunakan untuk menjalankan instruksi serta pengaturan pada Microsoft Word. Pada menu bar, perintah-perintah ditampilkan dalam bentuk tombol teks atau dikenal dengan istilah pulldown menu, sedangkan pada toolbar, tampilan perintahnya berbentuk tombol icon / shortcut.
- Menu Bar
Menu bar terdiri dari deretan menu File hingga Help, yang masing-masing memiliki submenu atau daftar menu.
Daftar menu ini fungsinya adalah untuk menjalankan instruksi serta pengaturan dalam melakukan pekerjaan dokumen.


Untuk membuka menu bar, lakukan salah satu langkah berikut ini :
1. Dengan meng-click tombol menu yang dikehendaki, atau...
2. Dengan menekan tombol Alt yang dikombinasikan dengan huruf yang bergaris bawah pada setiap menu yang dikehendaki. Misalnya, untuk membuka menu File, tekan tombol [Alt+F], untuk membuka menu Format, tekan tombol [Alt+O] dan seterusnya.

Jam