Jumat, 28 Januari 2011

MENGATUR PARAGRAF [8]

Selain menggunakan tombol shortcut, anda juga bisa menggunakan cara berikut ini untuk mengatur paragraf di word 2003. Cara mengatur paragraf berikut ini dengan melakukan teknik blok secara manual pada teks kemudia menggunakan option paragraph untuk mengatur ukuran paragraf /tinggi baris.

1. Pada Menu bar, pilih Format => Paragraph

2. Pada kotak dialog Paragraph, atur spacing before dan after (biasa digunakan untuk mengatur spasi antara Judul atau sub judul dengan isi tulisan)
Pada Line spacing pilih spasi yang diinginkan. Klik OK

3. Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini

MEMBUAT TABEL DOKUMEN [8]

Kebanyakan orang secara otomatis menganggap bahwa mereka harus menggunakan Microsoft Word untuk aplikasi teks dan Excel untuk data, termasuk grafik. Tapi banyak fungsi biasanya diyakini milik domain Excel sebenarnya jatuh dalam lingkup Word. Untuk beberapa penggunaan, seperti presentasi, itu & # x2019; s membantu untuk dapat melakukan analisis data sederhana bersama teks Anda. Berikut adalah cara untuk membuat grafik baris tanpa meninggalkan dokumen Word 2000 Anda.

Ini adalah apa yang Anda butuhkan:

Komputer dengan perangkat lunak Microsoft Word

1. Buka dokumen Microsoft Word. Klik "Insert" dari menu bar atas, dan klik pada "Objek" dalam menu pull-down.

2. Grafik Pilih "Microsoft Chart 2000."

3. Sebuah grafik batang akan muncul dalam tubuh dokumen Word Anda. Klik kanan pada salah satu bar untuk membuka menu pop-up. Pilih "Chart type."

4. Klik pada "Line" dari menu kiri. Klik "OK."

5. Sekarang menggunakan datasheet grafik garis bawah Anda untuk swap keluar nomor Anda sendiri untuk data contoh yang diberikan.

MENCETAK DOKUMEN [8]

Anda bisa mencoba mencetak dokumen apapun yang sudah ada di komputer Anda untuk melihat hasil dari kerja printer yang terpasang di Windows 7. Cukup mudah, cukup klik kanan tepat di atas file yang akan di cetak, pada menuPopup klik Print. Dengan cara tersebut Anda sudah bisa mencetak dokumen Anda ke printer. Namuntentu saja hasilnya masih kurang memuaskan, karena belum dikonfigurasi sebagaimana mestinya.
Untuk menghasilkan pencetakan ke printer yang baik dan memadai, setelah berada di file tersebut Anda klik dua kalipada file tersebut, maka file tadi secara otomatis akan terbuka sesuai dengan program aplikasi yang digunakan untuk membuat file tersebut. Karena Anda belum menginstalasi aplikasi apapun, maka Windows 7 akan menampilkan file tersebut berdasarkan kompatibilitas dari file yang bersangkutan dengan aplikasi yang ada di Windows 7.
Sebagai gambaran, berikut ini dijelaskan beberapa cara mencetak dokumen dari Windows 7. Cara ini tidaklah mutlak, karena masih ada cara lain yang bisa digunakan untuk mencetak dokumen tersebut. Hanya saja di sini dijelaskan cara mencetak melalui file atau dokumen langsung tanpa melalui aplikasi lain selain aplikasi yang disediakan Windows 7 itu sendiri.
• Klik kanan pada file atau dokumen yang akan di cetak, setelah menu Popup tampil klik Print
• Klik program, milsanya Wordpad, lalu bukan dokumen dan klik ikon printer
• Anda juga bisa menggunakan perintah Drag and drop. Caranya klik Start menu, klik Device and Printer dan klik Printer, lalu klik dokumen (s) in queue . Setelah itu klik dan tahan mouse Anda pada dokumen yang akan di cetak, lalu lepaskan pada jendela printer yang sudah terbuka

MENYIMPAN DOKUMEN [7]

Menyimpan dokumen baru dalam Ms.Word adalah dengan cara:
1. Tulislah naskah di lembar kerja,
2. Pilih menu file,
3. Pilih Save-As
Lalu akan muncul kotak dialog yang ada pada layar monitor komputer.Kemudian Klik Save In,untuk memberi tahu lokasi dokumen yang akan disimpan.Untuk memberi nama atau identitas dokumen kamu harus memberinya nama atau judul dokumen yang akan dsimpan.Jangan lupa jika akan mengakhirinya kamu klik save untuk menyimpannya.

MENGATUR FORMAT PARAGRAF [7]

Pada kondisi standar, perataan (aligment) paragraf pada Ms. Word 2007 adalah rata kiri. Namun, kita bisa mengubahnya sesuai dengan kebutuhan, misalnya membuat tulisan rata kiri-kanan (justify). Untuk mengubahnya, ikuti langkah berikut.
1. Seleksi teks yang akan Anda atur paragrafnya.
2. Klik Justify (Ctrl + J).
Tampilan paragraf sesuai dengan pengaturan yang anda lakukan.
Mengatur Spasi Antarbaris
Fasilitas ini juga udah disediakan pada tab ribbon, sehingga kita tidak perlu membuka jendela paragraf untuk mengaturnya. Caranya sebagai berikut.
1. Seleksi teks yang akan Anda atur.
2. Pilih spasi yang diinginkan.
Mengatur Spasi Antarparagaraf
Selain mengatur spasi antar baris kita juga bisa mengatur spasi antar paragraf. Caranya sebagai berikut.
1. Seleksi paragraf yang akan diatur.
2. Klik ikon spasi lalu klik Add Space After Paragraf. Untuk menguranginya, klik Remove Space Before Paragraf.
Mengatur Indentasi
Ketika membuat bullet and numbering, biasanya paragraf terlalu menjorok ke tengah. Kita bisa mengaturnya pada fasilitas identasi. Caranya sebagai berikut.
1. Sorot paragraf yang akan diatur.
2. Klik Decrease atau increase pada icon Indent.
Bisa juga dengan menggeser menggunakan ruler.
Selain dua cara diatas, kita juga bisa mengaturnya dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Klik Page Layout.
2. Ubah angka sesuai kebutuhan.
Mengatur Tabulasi
Hal ini dilakukan supaya kita tidak terus – menerus menekan tombol spasi atau tombol tab pada keyboard. Cara mengaturnya sebagai berikut.
1. Klik dua kali pada ruler.
2. Tentukan jarak untuk menghentikan tab.
3. Pilih Alignment.
4. Klik Set.
5. Klik OK.

MENGATUR FORMAT TEKS [8]

Secara default, Ms. Word 2007 menggunakan font Calibri. Sebenarnya font ini cukup bagus. Namun, kadang ada aturan yang harus kita penuhi untuk membuat suatu tulisan tertentu, seperti karya tulis, makalah, dan sebagainya. Kita bisa mengubahnya dengan mudah karena pengaturan font tetap diletakkan di bagian depan (ribbon Home).
Mengatur Huruf (Font)
Untuk tugas makalah, skripsi, atau karya tulis lainnya, mungkin tidak memerlukan pengaturan font yang terlalu rumit. Anda bisa mengubahnya dengan mudah. Caranya sebagai berikut.
1. Sorot teks yang akan diubah.
2. Pilih jenis font yang ingin digunakan pada ribbon Home.
3. Pilih ukuran font.
Jika membutuhkan pengaturan lebih lanjut klik tanda panah pada group font (Ctrl + D). Atur sesuai keinginan dan kebutuhan. Klik OK jika sudah selesai.
Mengatur Susunan Karakter
Ketika membuat judul bab atau sub-bab, biasanya huruf pertama setiap kata menggunakan kapital. Jika kita belum membuatnya seperti itu, bisa diubah dengan cara sebagai berikut.
1. Sorot judul bab.
2. Pilih Capitalize Each Word pada Change Case.

Jam